Informasi Seputar Cara Flash, Spesifikasi, Dan Teknologi

Monday, September 18, 2017

Macam-Macam Sistem Operasi Pada Smartphone

Assalamualaikum wr.wb
Selamat datang kembali sobat zet. kali ini zet akan membahas mengenai macam-macam sistem operasi pada smartphone. Tahukah sobat, sebenarnya masih banyak kok sistem operasi yang patut kamu coba. diantaranya adalah IOS, Windows Phone, Blackberry, Symbian, Firefox, Ubuntu Mobile, MeeGo, Palm, WebOS, Bada, dan Tizen. Banyak juga kan sobat, dan mungkin masih ada lagi, tapi saya cuma dapet itu doang . heheheoke, kita mulai dari sistem operasi itu sendiri.


Sistem Operasi (Operating System : OS) adalah komponen pengolah peranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.

Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program-program pengolah kata dan peramban web.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian :
  • Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  • Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  • Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  • Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  • Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.
Berikut ini adalah macam macam sistem operasi smartphone

1. Android
Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android Inc, dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005.

Sistem operasi ini sangat rentan terhadap virus karena berfisat open sources, tapi disisi lain dengan adanya open sources dari Android para pengguna Android dapat memodifikasi sistem operasi ini dengan bebas.

2. IOS
Ios adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc.
Sistem operasi ini mengedepankan kualitas, mulai dari kontrol privacy yang ketat, simple, model yang elegan dan gaya. Di iOS terdapat abstraction layers, Core OS layers, Core Service layers, Media layers, Cocoua Touch Layers.

Namun, kelemahan dari sistem operasi ini adalah pilihan perangkatnya yang terbatas pada iPhone, dan bagi banyak orang harga iPhone cenderung lebih mahal.

3. Windows Phone
Windows Phone adalah keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft. Sistem operasi mobile ini dikenal akan kecepatan dan kemudahan dalam berintegrasi dengan perangkat WIndows lainnya.

Namun kekurangan Windows Phone adalah jumlah aplikasi yang masih terbatas, karena banyak aplikasi di Android dan IOS yang tidak akan kita dapatkan di Windows Store. 

4. Blackberry
BlackBerry adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Research In Motion untuk perusahaan BlackBerry. Sistem operasi ini mengutamakan privasi dan keamanannya. Sistem Operasi Blackberry mempunyai menejemen kontak yang akurat serta rapi di banding sistem operasi yang lainnya, dan merupakan sistem operasi yang paling tangguh di pasaran OS

RIM juga merilis apliction store sendiri yang disebut dengan Blackberry App World yang sama dengan Apple. namun kurangnya aplikasi dan antarmuka yang cukup rumit menjadikan memperlambat adopsi. dan rata rata aplikasi Blackberry jauh lebih mahal dari pada aplikasi iOS dan android, serta Blackberry OS memberikan pengalaman browsing yang lemah.

5. Symbian
Symbian adalah sebuah sistem operasi dan platform software yang didesain untuk ponsel pintar dan saat ini diawasi oleh Nokia. Platform. Symbian adalah suksesor daripada Symbian OS dan Nokia Seri 60 yang sebelumnya sudah pernah beredar di pasaran

Symbian juga bukanlah sistem operasi yang open source, tetapi karna diperlukan API sehingga banyak pihak developer yang salah meng-artikan bahwa source code nya tidak di distribusikan secara bebas. Salah satu ke unggulan nya adalah dapat di jalankan dengan multi-tasking. Saat ini Symbian juga sudah sampai pada versi Symbian Belle, yang merupakan versi paling baru dan dapat di temui dalam Nokia 600 dan 700.

6. FireFox
Mozilla, perusahaan yang mengembangkan aplikasi peramban (browser) Firefox, berencana untuk membuat sistem operasi kode sumber terbuka (open source) untuk perangkat mobile bernama Firefox OS. Segenap dukungan telah didapatkan Mozilla untuk proyek Firefox OS. Produsen perangkat mobile ZTE dan TCL, yang keduanya berasal dari China,

Mozilla mengatakan, Firefox OS akan menjadi ekosistem mobile yang sepenuhnya terbuka. Dibangun sepenuhnya pada standar web terbuka dan aplikasi yang dikembangkan dengan teknologi HTML5. Firefox OS akan bersaing dengan Android karena keduanya sama-sama bersifat terbuka (open source) dan bisa digunakan secara gratis oleh vendor ponsel

FireFox OS adalah sistem operasi mobile yang bebas dari teknologi ekslusif saat ini menjadi platform yang kuat yang memberikan pengembang aplikasi kesempatan untuk menciptakan produk unggulan Selain itu, Firefox OS fleksibel dan cukup mampu membuat pengguna bahagia

7. Ubuntu Mobile
Linux adalah turunan Debian yang dikembangkan oleh Canonical Ltd, Ubuntu Phone OS sendiri dikembangkan oleh Ubuntu dengan tujuan untuk memberikan pengguna ponsel pengalaman yang mirip dengan Ubuntu versi desktop. Ubuntu Phone OS sudah diumumkan sejak tanggal 2 Januari 2013 lalu di situs resmi Ubuntu, Ubuntu Phones OS menggunakan kernel yang mirip dengan Android sehingga Ubuntu Phone OS dapat diinstal pada smartphone yang sejenis dengan mudah oleh para vendor ponsel.

Satu hal yang menarik dari Ubuntu Phone OS adalah ponsel yang menggunakan sistem operasi ini akan dapat berubah menjadi mode desktop secara utuh ketika ponselnya terhubung ke docking station. Ketika ponsel terpasang pada perangkat docking station tersebut, pengguna dapat menggunakan semua fitur Ubuntu secara lengkap. Ubuntu Phone OS juga memiliki fungsi multitasking untuk mempermudah pengguna dalam mengakses aplikasi yang sebelumnya dijalankan

Bagi para pengembang aplikasi, mengembangkan aplikasi di Ubuntu Phone OS dikabarkan akan cukup mudah karena pengembangan aplikasi di Ubuntu OS dapat menggunakan Qt maupun HTML5 yang sudah cukup dikenal oleh para pengembang aplikasi.Ubuntu pun juga sudah mempersiapkan situs bagi para pengembang aplikasi untuk mencoba membuat aplikasi di Ubuntu Phone OS walaupun saat ini masih belum banyak informasi yang disajikan.

8. MeeGo
MeeGo adalah sebuah sistem operasi open source yang berbasis Linux dan ditargetkan untuk pasar genggam(mobile), biarpun penggunaannya bisa digunakan juga untuk alat elektronik yang lebih besar seperti netbook, tablet, laptop, smartTV, dan lainnya. Meego OS merupakan OS barudan di perkenalkan pada Mobile World Congress tahun 2010 dan yang memperkenalkan adalah Intel dan Nokia

OS ini merupakan penyempurnaan dari OS Maemo berkolaborasi dengan Intel, OS MegGo dan OS Android keduanya merupakan platfon baru untuk system operasi ponsel, kedua system tersebut running dengan linux jadi sama-sama open source. MeeGo menyediakan dukungan untuk ARM dan prosesor Intel x86 dengan SSSE3 diaktifkan [ dan menggunakan btrfs sebagai sistem file default.

9. Palm
Palm OS (juga dikenal sebagai Garnet OS) adalah suatu sistem operasi mobile awalnya dikembangkan oleh Palm, Inc untuk asisten digital pribadi (PDA) pada tahun 1996. Palm OS dirancang untuk kemudahan penggunaan dengan user interface touchscreen-berbasis grafis

Hal ini disediakan dengan suite aplikasi dasar untuk manajemen informasi pribadi. Kemudian versi dari OS telah diperluas untuk mendukung smartphone. Beberapa lisensi yang lain diproduksi perangkat didukung oleh Palm OS.

Kelebihan Palm OS dibandingkan dengan sistem operasi lainnya adalah Palm memiliki kebutuhan sistem yang sedikit dan cepat sehingga tidak dibutuhkan perangkat PDA yang canggih dan mahal,
dan tidak memerlukan banyak memory untuk dapat menjalankannya dengan baik.

Sedangkan kelemahan Palm OS yaitu tidak memiliki media penyimpanan eksternal/tambahan, walaupun bisa diisi sebuah program, Software maupun Aplikasi tetapi tidak bisa di instal dengan kapasitas yang banyak karena hanya keterbatasan memori.

10. WebOS
WebOS HP adalah sistem operasi yang dimiliki oleh HP (Hewlett-Packard yang berbasis kernel Linux, awalnya dikembangkan oleh Palm, yang kemudian diakuisisi oleh Hewlett-Packard. Nama resmi adalah WebOS, uncapitalised, tapi WebOS juga digunakan.

WebOS diperkenalkan oleh Palm pada Januari 2009. Berbagai versi dari webOS telah ditampilkan di beberapa perangkat, termasuk Pra, Pixi, dan Veer ponsel dan tablet TouchPad HP. WebOS menggunakan pendekatan berbasis cloud bukan menggunakan klien sync desktop, tetapi berbagai pihak ketiga klien sinkron yang tersedia.

Versi pertama dari webOS dikirimkan dengan kemampuan untuk melakukan sinkronisasi dengan perangkat lunak Apple iTunes dengan menyamar sebagai perangkat Apple, namun fitur ini dinonaktifkan oleh pembaruan perangkat lunak berikutnya dari Apple.

11. BADA
Bada merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Samsung Electronics yang digunakan pada ponsel low end dan smart phone. Bada bukan berbasis Linux atau Java seperti Android, tapi RTOS, tapi bada bisa berjalan di Linux. Pertama kali Samsung mengumumkan platform Bada pada tanggal 10 november 2009.

Setelah pengumuman itu, smartphone Bada pertama kali adalah Samsung Wave S8500 yang pertama kali ditampilkan dalam acara Mobile World Congress 2010 di Barcelona pada bulan Februari 2010. Aplikasi web Bada akan mengabungkan HTML5, JS Framework dan WAC 2.0 . Ada lebih dari 80 API yan dapat memberikan kegunaan lebih banyak dan keuntungan yang lebih besar. terdapat juga peningkatan dalam fungsi keamanan seperti I/O dan DRM.

12. Tizen
Tizen sebelumnya adalah sistem operasi dengan nama Meego yang merupakan gabungan dari Intel Mobilin dan Nokia Maemo. Namun karena Nokia memutuskan untuk lebih fokus ke sistem operasi Windows Phonenya maka Meego pun ditinggalkan dan kini diganti dengan nama Tizen yang kini tengah diusung alah satu vendor ponsel terbesar yakni Samsung.

OS Tizen merupakan sistem operasi yang diusung oleh Samsung bekerjasama dengan Linux Foundatiion. berakar dari sistem operasi komputer Linux yang bersifat open source, dimana penggunanya dapat mengotak-atik sistem nya sesuai dengan kebutuhan ponsel itu sendiri. Sifat OS Tizen ini sama dengan OS Android dari Google. Namun sistem operasi ini diprediksi akan menyaingi Android dan  iOS

Samsung kini mulai mengaplikasikan OS Tizen ini pada perngkat buatannya. Pada 3 Juni 2014, Samsung telah resmi mengenalkan smartphone pertamanya bertajuk Samsung Z dengan OS Tizen pada ajang Tizen Developer Conference di San Francisco, Amerika Serikat.

Itu dia pembahasan tentang Macam Macam Sistem Operasi Smartphone , semoga kamu sekarang bisa menentukan smartphone yang cocok untuk dipilih berdasarkan sistem operasinya. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih telah Berkunjung. Sampai jumpa di artikel berikutnya. 
Wassalamualaikum wr.wb

No comments:

Post a Comment