Cara Melindungi Sistem Windows dari Ransomware WannaCry

Assalamualaikum wr.wb
Selamat datang kembali sobat zet. kali ini saya akan membahas mengenai Cara Melindungi Sistem Windows dari Ransomware Wanna Cry. Ransomware Wana Cry merupakan jenis Trojan (malware) atau program perangkat lunak yang didesain untuk membahayakan sistem windows. Bila sistem Anda memengaruhi malware ini, virus akan mengenkripsi data sistem windows Anda secara otomatis. Desktop Anda secara otomatis terkunci dan akan menampilkan pesan seperti ini "enkripsi file penting Anda yang dihasilkan di komputer ini." Alert pada desktop jendela Trojan ini menunjukkan bahwa Anda harus membayar jumlah pertama di Bitcoin untuk mendekripsi file Anda. Anda instruksi jika Anda tidak akan mendekripsi file Anda sebelum waktu, Anda kecuali untuk memulihkan file lagi.


Bagaimana Ransomware Bekerja?

Ini pada dasarnya bekerja pada dua algoritma enkripsi yang disebut sebagai AES dan RSA. RSA (Ron Rivest, Adi Shamir) Ini disebut algoritma kriptografi asimetris. Asimetris berarti dua kunci yang berbeda digunakan oleh algoritma ini. Hal ini juga disebut kriptografi kunci publik. Satu kunci tersedia untuk semua orang secara publik dan yang kedua disebut kunci pribadi yang disimpan oleh pengguna.

AES (Advanced Encryption Standard) juga dikenal sebagai Rijndael, adalah algoritma cipher blok 128-bit. Standar enkripsi ini digunakan oleh Institut Nasional Standar dan Teknologi AS (NIST). Tapi sekarang hacker menggunakan enkripsi yang aman ini di Trojan karena membahayakan sistem windows. Algoritma ini menggunakan kunci simetris, yang menggunakan kunci yang sama untuk mengenkripsi dan mendekripsi informasi.

Trojan ini menggunakan kunci AES untuk mengenkripsi file. Kunci AES untuk dekripsi ditulis dalam file yang dienkripsi oleh malware. Namun, kunci ini dienkripsi dengan kunci publik RSA yang ditanamkan di perangkat lunak perusak, yang berarti kunci pribadi diperlukan untuk mendekripsinya. Artinya penyerang hanya mengetahui kunci privat untuk dekripsi. Jadi tidak ada kesempatan untuk crack enkripsi ini. Satu-satunya cara Anda bisa mendekripsi file Anda memerlukan kunci untuk dekripsi.

Bagaimana cara mencegah sistem anda dari Malware ini?

Jangan download apapun dari situs jahat. Selalu download software dari situs resmi atau terpercaya. Jangan buka dan klik attach spam mail. Sebagian besar laporan tersebut mengatakan bahwa virus ini berasal dari email spam. Anda bisa menggunakan program antivirus di sistem anda. Ini memblokir malware semacam itu yang merugikan komputer Anda. Perbarui pembaruan keamanan antivirus Anda secara teratur untuk menghapus ancaman baru. Biasa buat backup data sistem anda. Jika sistem Anda membahayakan worm ini, Anda bisa mendapatkan data cadangan yang telah Anda simpan di suatu tempat.

Nah bagi sobat semua, diharapkan untuk membaca ya, agar hal ini tidak terjadi. terima kasih mau mengunjungi website zet. terima kasih sampai jumpa kembali sobat zet.
Wassalamualaikum wr.wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melindungi Sistem Windows dari Ransomware WannaCry"

Posting Komentar