Cara Recovery dan Reset Semua Smartphone Oppo

Assalamualaikum wr.wb
Smartphone OPPO saat ini memang menjadi trend dan branding yang sangat serius menyasar konsumen Indonesia. Dimana setiap konter dan gerai HP Android rata-rata sudah memajang banner dari Pihak OPPO. Apalagi dengan ekspansi produk menggunakan iklan dengan artis-artis terkenal menjadikan smarphone OPPO mencapai puncak ketenaran dengan cara singkat.

Bila anda merasakan adanya kejanggalan di ponsel android, yang dalam hal ini adalah ponsel bermerek OPPO, bisa menyelidikinya apakah hal tersebut karena kesalahan sistem atau sebab dari hardware seperti baterai yang bermasalah, tombol fisik yang tidak berfungsi dan lain sebagainya.
Kesalahan dan kegagalan sistem yang masih tergolong ringan bisa diatasi dengan cara melakukan recovery atau sering disebut soft reset. Bagi pengguna awam-pun bisa melakukan yang namanya reset factory karena ada menu khusus di android. Tapi ada juga cara reset menggunakan beberapa kombinasi tombol fisik ponsel yang nanti juga admin jelaskan di bawah. Adapun beberapa sebab terjadinya kesalahan sistem android bisa karena hal-hal berikut ini :

1. Kesalahan Instalasi Aplikasi

Banyak kejadian android menjaddi tidak normal kinerjanya karena adanya kesalahan melakukan installasi Aplikasi. Banyak market yang menawarkan aplikasi android dengan file yang masih berupa installer berformat APK dan tidak jarang pula pengunduh aplikasi tidak tahu menahu apakah aplikasi tersebut kompatible dengan ponselnya ataukah tidak.

2. Internal Memory low Space

Seperti diketahui bahwa internal memori digunakan untuk proses berjalannya sistem, instalasi default aplikasi dan juga beberapa data penting sistem ada disana.

Bila internal memori kapasitasnya menipis dan hanya tersisa beberapa MB saja bisa menyebabkan error pada sistem dan kegagalan pembacaan file

3. Terlalu banyak file sampah

Banyaknya file-file temporary dan file sampah yang tidak terpakai juga bisa menyebabkan beban pada kinerja sistem sehingga ponsel menjaddi tidak stabil, cenderung lemot dan tidak responsif lagi seperti biasanya.

4. Menghapus file penting sistem

Umumnya file penting dari sistem android tersembunyi alias dibuat Hidden karena alasan keamanan agar tidak ada pengguna yang melakukan penghapusan karena sengaja maupun tidak.

Namun adakalanya beberapa aplikasi eksplorer bisa memunculkan file tersembunyi dari sistem dan bisa untuk dihapus. Bila anda lakukan maka sistem akan bermasalah.

5. Melakukan root android

Nah, ini penyebab kebanyakan sistem android menjadi rusak, yaitu kesalahan dalam melakukan rooting sistem sehingga terjadi kesalahan kinerja beberapa file penting untuk jalannya sistem android, Jadi berhati-hatilah melakukan root, mintalah petunjuk dari teman yang sudah biasa melakukan root dan sukses.

Cara Factory Reset OPPO Smartphone
  1. Silahkan menuju ke menu settings 
  2. Kemudian pilih opsi 'Backup & Reset' dari halaman settinggan tersebut 
  3. Pilih lagi menu 'Reset phone', Silahkan pilih 'erase Everything' kemudian tekan tombol Yes 
  4. Silahkan tunggu sebentar dan ponsel OPPO akan melakukan reset dan setelah itu loading kembali ke halaman utama bila sukses

Cara Hard Reset HP OPPO Smartphone
  1. Silahkan matikan ponsel terlebih dahulu (shutdown) 
  2. Langkah selanjutnya silahkan tekan tombol Volume bawah dan tombol power secara bersamaan, jangan dilepas dahulu 
  3. Ketika masuk ke halaman recovery mode silahkan lepas tombol, pilih opsi bahasa inggris 
  4. Di menu selanjutnya pilih opsi 'Wipe Data and cache' dengan memanfaatkan tombol atas bawah volume dan untuk mengeksekusunya dnegan menekan tombol Power 
  5. Setelah proses tersebut maka ponsel akan restart (reboot) dan proses recovery reset OPPO telah berhasil
Semoga tips diatas tentang cara melakukan reset HP OPPO segala tipe bermanfaat untuk pembaca dunia android semuanya. Terima Kasih telah Membaca.
Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Cara Recovery dan Reset Semua Smartphone Oppo"

Posting Komentar