Pengertian Dan Fungsi Motherboard

Argilang.com - Hardware atau yang sering dipanggil Perangkat keras biasanya terdiri dari Prosesor, Mouse, Keyboard dan Motherboard, dan bagian terpenting dari komputer ialah Motherboard, fungsi dari motherboard sebagai tempat untuk memasang pheriperal lain seperti Prosesor , Vga Card, Dll.


mobo terdiri dari Beberapa komponen utama yaitu :
  1. Socket Prosesor : Untuk menancapkan Prosesor ke mobo
  2. Cipset : Mengontrol Mobo Secara Keseluruhan
  3. Slot Ram : Untuk memasang ram.
  4. Slot ekspansi : menempatkan peralatan tambahan yang berfungsi sebagai sarana komunikasi antara peralatan Input dan Output dengan mobo.
  5. Port IDE (Intergrated Drive Electroniks) & FDD : digunakan untuk pemasangan harddisk, CDROM, CDRW, Floppy Disk drive.
  6. Slot Power : Tempat Untuk Mengalirkan Listrik Ke mobo.
  7. Battrai CMOS 
jika pembaca ingin merakit komputer sendiri, maka hendaknya meneliti terlebih dahulu sebelum membeli perangkat motherboard. Artinya, di sini Anda haruslah memperhatikan beberapa hal terkait pembelian perangkat keras motherboard, antara lain: jenis soket prosesor, frekuensi BUS, jumlah soket SATA dan PCI, jumlah soket RAM, serta yang terpenting adalah reputasi dan keandalan sebuah merek daripada perangkat keras motherboard yang akan dibeli.

Di Indonesia sendiri, telah tersebar luas cabang dari produsen kenamaan yang memproduksi motherboard. Persaingan ketat pun ditunjukkan para produsen guna menjadi leader dalam pasar perangkat keras motherboard. Seperti misalnya, merek produk yang kini tengah memiliki reputasi dan keandalan yang bagus antara lain: Gigabyte, Asus, Albatron, Aopen, Abit, ECS, Biostar, dan Jetway. Harga banderolan masing-masing merek pun memiliki varian yang cukup variatif. Begitu pula untuk sektor spesifikasinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi Motherboard"

Posting Komentar